Menu

Total Tayangan Halaman

Kamis, 01 Mei 2014

Tips Mengatasi Sakit Maag

Tips Mengatasi Sakit Maag

Tips Mengatasi Sakit Maag
Ada dua macam pengobatan dalammengatasi sakit maag. Bisa dengan cara pengobatan medis ataupun dengan pengobatan tradisional. Namun, kedua cara mengatasi sakit maag tersebut tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Sebab setiap pengobatan ada efek dan keunggulan masing-masing dan jika disatukan, bukan kesembuhan yang didapat, melainkan bisa bertambah parah.
Gejala penyakit maag biasanya berupa rasa perih di lambung meskipun baru saja makan dan makanannya pun tidak pedas atau asam. Kalau rasa perih yang agak berlebihan hanya terjadi sebelum makan, tetapi mereda sehabis makan, biasanya hal itu hanya akibat produksi asam lambung yang berlebihan. Gejala lain dari sakit maag adalah perut terasa kembung yang membuat perut terasa penuh padahal belum diisi makanan.
Sebelum mengetahui tips mengatasi sakit maag, perlu diketahui pula bahwa penyebab sakit maag biasanya karena bakteri yang bernama Helicobaeter pylori. Hubungan saintifik antara sakit maag dengan bakteri telah diungkapkan sejak 1983, dan CDC sudah sejak 1994 mengumumkan bakteri Helicobaeter pylori menjadi penyebab sakit maag, tetapi masih banyak dokter mengobati pasien sakit maag dengan pemblok asam dan obat lain yang hanya menghilangkan gejala, bukannya penyebab utamanya.
Di bawah ini ada beberapa tips mengatasi sakit maag sekaligus mencegah sakit maag datang menghampiri, antara lain:
  1. Makan teratur, ini adalah cara paling ampuh karena penyakit maag biasanya dikibatkan karena pola makan yang tak teratur maka Anda harus mengatur pola makan yang pertama kali untuk mengatasi penyakit maag.
  2. Hindari Minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti kopi, minuman bersoda, alkohol ataupun makanan yang mengandung cuka berlebih.
  3. Makan makanan yang mudah dicerna, ini berguna untuk meringankan kerja lambung apalagi jika sedang terkena maag. Pilihlah makanan yang banyak mengandung serat, sepert jelly, rumput laut dan sayur-sayuran. Serta jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah-buahan yang bersifat lunak, seperti pepaya.Gambar Tips Mengatasi Sakit Maag
  4. Tidur teratur, tak hanya pola makan yang harus Anda atur tapi juga pola tidur Anda juga harus Anda atur karena pola tidur juga salah satu penyebab sakit lambung. Usahakanlah untuk tidur 8 jam sehari.
  5. Hindari stres, stres juga bisa menyebabkan penyakit maag, jadi Anda harus bisa menghindari stres tersebut. Sebagian peneliti menyebutkan bahwa stres termasuk salah satu penyebab segala jenis penyakit. Karena itu hindari stres agar tidak mudah terserang penyakit.
Di bulan puasa, pengidap sakit maag yang tidak disertai luka lambung, dan terutama yang sangat berkaitan dengan stres, boleh berpuasa. Banyak pengidap sakit maag yang justru tidak mendapat serangan perih ketika berpuasa di bulan puasa, mungkin karena situasi emosional saat itu memberi dampak positif terhadap ketahanan batinnya dalam menghadapi stres.
Cara Mengatasi Maag
Minum air kelapa dapat membatu mengatasi sakit maag secara alami, karena air kelapa memiliki vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mengistirahatkan lambung dan saluran pencernaan. Air kelapa juga bersifat mendinginkan lambung sehingga bisa untuk mengkondisikan lambung.
Ada beberapa tips mengatasi maag yang mungkin dapat membantu dalam mencegah munculnya, mengobati gejala hingga mencegah munculnya komplikasi yang ada :
  • Makan yang teratur dan biasakanlah mengkonsumsi makan yang sehat. Seperti, makan pada waktunya, jangan membiarkan perut kosong dalam jangka yang panjang, jangan makan terburu-buru. Perhatikan komposisi seimbang antar lemak, karbohidrat dan protein.
  • Hinadari makanan yang dapat mengiritasi lambung seperti, pedas, asam, alkohol, rokok dan aspirin. Kafein juga bisa memicu asam lambung sehingga anda juga harus menghindarinya.
  • Mengkonsumsi makanan yang lunak dan lembut.
  • Makanlah walaupun hanya sedikit tetapi sering, jangan biarkan lambung dalam keadaan kosong.
  • Menghindari minuman beralkohol, kopi dan rokok.
  • Stres merupakan pemicu meningkatnya asam lambung, maka hindarilah.
  • Perbaiki gaya hidup dengan cara mempertahankan berat badan, istirahat yang cukup dan olahraga secara teratur.
Tips mengatasi maag ini akan berhasil karena niat dari sependerita, jadi disarankan untuk penderita maag harus bisa segera mengambil tindakan agar tidak menjadi akut dan timbul masalah lagi yang lebih serius.

Cara Mengatasi Maag Dengan Alpukat

Cara Mengatasi Maag Dengan Alpukat
Cara Mengatasi Maag yang paling ampuh adalah dengan membiasakan diri melakukan pola hidup sehat. Sebab semuacara mengatasi maag akan percuma jika pola hidup sehat tidak dilakukan. Karena itu biasakanlah melakukan pola hidup sehat pada kehidupan kita sehari-hari.
Pernah merasakan perut berbunyi seperti gendang? Kalau sedang berada di rapat yang serius, biasanya suara itu akan terdengar nyaring. Lapar? Bisa saja, tapi coba tabuh pelan. Kalau suaranya nyaring, Anda sedang terkena kembung sebagai gejala awal sakit maag.
Kembung adalah terperangkapnya gas atau udara dalam jumlah yang berlebihan didalam saluran pencernaan. Gas atau udara yang terperangkap tersebut terbentuk gelembung-gelembung kecil, jumlahnmya banyak dan sulit dikeluarkan. Gelembung-gelembung gas/udara terdapat disepanjang saluran pencernaan dan terutama banyak terdapat di lambung.
Bedanya sama sakit maag, kembung biasa sangat berbeda dengan sakit maag. Sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebihan yang dapat mengakibatkan iritasi atau luka dilambung, karena itu sakit maag disertai rasa perih/pedih. Sedangkan kembung biasa disebabkan oleh banyaknya Gas/udara yang terperangkap dalam saluran pencernaan di dalam perut.
Gejala perut kembung biasa mirip dengan gejala sakit maag sehingga banyak penderita yang mengira menderita sakit maag padahal sebenarnya cuma gejala kembung biasa, dan kembung biasa asam lambungnya tidak berlebihan sehingga pada perut kembung biasa tidak disertai rasa perih. Kalau Anda sudah terkena sakit maag, maka Anda harus mengetahui Cara Mengatasi Maag agar maag anda tidak menjadi lebih parah.
Kalau sudah terkena kembung atau maag, sebenarnya gampang saja cara mengatasi maag. Pesen saja jus alpokat. Karena buah berserat itu ternyata punya khasiat yang “luarbiasa” untuk maag. Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak saja menjadi sumber energi yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa, tetapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.
Berbagai manfaat bisa didapat dari alpukat, baik buah maupun daunnya. Para peneliti dari Shizuoka University, Jepang, misalnya, menemukan manfaat buah alpukat selain untuk cara mengatasi maag, bisa juga untuk mengurangi kerusakan hati, termasuk juga kerusakan akibat virus hepatitis.
Alpukat dapat dimakan oleh siapa saja dan berapa saja karena kadar asam lemak jenuh pada buah alpukat tergolong rendah. Alpukat tergolong buah yang memiliki kadar lemak dan kalori yang tinggi. Buah alpukat mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B kompleks, Vitamin E dan Vitamin D. Kandungan terbanyak adalah vitamin A.
Malah, beberapa media sempat mengupas kegunaan alpukat sebagai obat maag. Dari beberapa literature, Cara Mengatasi Maag dari biji alpukat adalah sebagai berikut.: 1. Cuci bersih biji alpukat dengan menggunakan air matang; 2. Parut biji alpukat; 3. Campurkan 100 CC air matang dengan parutan biji alpukat tadi; 4. Saring;
Ada aturan pakai sari biji alpukat hasil saringan itu: 1. Sakit maag tidak parah, minum sari biji alpukat 1 kali sehari; 2. Sakit maag parah, minum sari biji alpukat 2 kali sehari, pagi dan sore, sampai sembuh. Nah, Anda tidak pernah menyangka bukan?
Demikian tips mengatasi sakit maag yang perlu diketahui. Lakukan cara pencegahannya agar kita bisa terus sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

silakan berkomentar..


counter