Menu

Total Tayangan Halaman

Jumat, 20 September 2013

PERANAN INTERNET DALAM DUNIA PENDIDIKAN

PERAN INTERNET DALAM DUNIA PENDIDIKAN


  Internet merupakan sebuah layanan yang memudahkan kita menambah wawasan, berkomunikasi, dan juga memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yang mungkin sulit dicari secara nyata, melalui akses dunia maya internet ini, kita dapat menambah wawasan, berkomunikasi jarak jauh dan juga mencari informasi yang sangat kita butuhkan. Dulu, kecepatan atau kemudahan kita dalam mengakses internet sangat sulit.

 Ibaratnya ketika kita sedang browsing, kita bisa keluar sebentar untuk minum kopi karena lambatnya proses browsing yang dijalankan. Akan tetapi, Setelah diluncurkan layanan akses internet cepat yang seperti speedy (salah satu contoh penyedia layanan DSL), proses browsing tersebut menjadi sangat cepat dan menjadi mudah. sehingga anak SMP pun dengan mudah dapat belajar tentang internet. speedy merupakan salah satu penunjang yang dapat memudah kan kita untuk mengakses internet. Dengan adanya akses speedy ini, maka kita perlu lama menunggu proses browsing yang sedang kita jalankan.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka sekarang ini telah banyak keluar produk baru penunjang jaringan internet bagi pemilik komputer jinjing atau kita sebut laptop, yaitu Modem USB, dengan alat yang rata-rata berukuran kecil ini memudahkan laptop  mendapatkan jaringan internet yang tidak kalah cepatnya dengan warung internet, namun untuk menggunakan alat ini kita perlu mendaftarkan dulu kepada salah satu layanan seperti indosat M2 untuk berlangganan akses internet. (red: jasadmania)

Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Apa sebenarnya jaringan komputer itu ? Jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, misalnya dalam satu kantor atau gedung. Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya.

Pada awal diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer.

Setelah angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer. Salah satunya adalah Universitas of California at Los Angeles (UCLA). Akhirnya tahun 1970 internet banyak digunakan di unversitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini. Agar para pengguna komputer dengan merek dan tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet. Namanya TCP (Transmission Control Protocol, bahasa Indonesianya Protokol Pengendali Transmisi) dan IP (Internet Protocol).

Kehadiran jaringan internet sangat bermanfaat bagi seluruh pelajar dimulai dari pelajar SMP dan seterusnya. Internet ini dapat membantu kita sebagai mahasiswa. Bagi mahasiswa, internet sangat berguna sebagai alat komunikasi dan informasi untuk mencari tugas-tugas yang diberikan guru. Internet dapat mempermudah mencari materi pelajaran. Selain itu juga, internet juga berguna sebagai sarana mencari teman ataupun hiburan.

Kehadiran internet juga bermanfaat bagi guru yang mau memanfaatkan sarana internet ini. Bagi guru, internet ini adalah sebagai alat komunikasi dan informasi yang berguna untuk menambah wawasan, pengembangan bahan pelajaran. Contohnya: internet juga berfungsi mengrealkan gambar yang terkadang sulit diterima oleh siswa. Dan sekaligus menjadi tambahan perpustakaan di sekolah.

Termasuk penting bahwa internet juga sangat bermanfaat dan bisa menjadi pelajaran yang dapat menunjang pendidikan, memperluas komunikasi dan informasi, dan sebagai wadah untuk berbagi ilmu pengetahuan.

Selain itu, internet juga sangat berperan untuk kepentingan usaha (business) yang dapat mengantarkan suatu perusahaan ke pasar global. Demikian juga dengan sekolah. Apabila sekolah memiliki situs di internet atau bisa disebut dengan website. Maka sekolah tersebut juga tergabung dan ikut bersaing dalam pasar global. Kita berharap agar internet semakin baik dan diadakannya program belajar internet bagi seluruh pelajar terutama dimulai dari pelajar SMP. Agar dapat mengenal lebih dalam akan internet.

Berdasarkan data yang diperoleh melalui angket yang disebar secara acak di SMA 1 Probolinggo, didapat suatu kesimpulan bahwa pemanfaatan internet sebagai media pencari informasi sebesar 34 % dan menduduki persentase tertinggi dibanding media lain seperti radio, buku, dan televisi. Dari survey yang dilakukan secara umum peranna internet sebagai media informasi IPTEk (55%), hiburan (15%), mencari teman dan bisnis (2%), dan sisanya tidak tahu sekaligus memanfaatkan semua.

Secara detail peranan internet di dalam dunia pendidikan khususnya bagi guru adalah sebagai berikut :
1. meningkatkan pengetahuan
2. berbagi sumber dengan seprofesi
3. kerjasama dengan guru diluar negeri
4. partisipasi dalam forum pendidikan
5. sumber bahan ajar.
Sedangkan peranan bagi pelajar/siswa sebagai berikut :
1. sumber pengetahuan
2. meningkatkan komunikasi dengan siswa lain
3. media praktek dari teori yang telah dipelajari.
4. sangat membantu siswa untuk mencari materi pelajaran.








31 komentar:

  1. cooll,, bener banget tuhh..
    internet bnyk mempermudah aktivitas sehari".
    klo sampe disalah gunakan itu akan merusak diri.
    postingan yg bagus,
    hanya saya hampir susah membacanya, fontnya terllu mini..
    hehehe

    jngn lupa koment balik
    ariscandra12.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas sarannya. saya akan memperbaiki semua yang masih kurang. semoga ini dapat berguna dan bermanfaat untuk pembelajaran siswa di sekolah maupun diluar sekolah.

      Hapus
  2. terima kasih atas informasinya memanng internet banyak berguna bagi kita ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak untuk komentarnya. semoga internet juga dapat bermanfaat sampai ke daerah pelosok, agar dapat bermanfaat di dalam pendidikan secara meluas.

      Hapus
  3. Balasan
    1. terima kasih untuk komentar anda. semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda.

      Hapus
  4. terima kasih untuk informasinya semoga dapat bermanfaat untuk dunia pendidikan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk komentarnya. semoga informasinya dapat bermanfaat.

      Hapus
  5. terima kasih untuk informasi yang anda berikan. semoga informasi ini dapat lebih bermanfaat untuk pembelajaran siswa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas komentar anda. ini akn menjadi masukan untuk saya agar lebih baik lagi.

      Hapus
  6. semua itu baik asal tidak di salah gunakan.....

    komen balik ya di komangarinanda212.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk komentarnya, memang benar sekali, bahwa internet sangat bermanfaat, namun itu semua bergantung dari penggunanya. jadi sebisa mungkin kita dapat menggunakan internet agar lebih bermanfaat.

      Hapus
  7. terima kasih untuk infonya. info ini sangat menarik semoga dapat bermanfaat untuk siswa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk komentarnya. semoga dapat bermanfaat untuk anda.

      Hapus
  8. infonya menarik sekali. memang internet sangat membantu kita untuk mencari materi pelajaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk komentarnya. saya yakin jika penggunaan internet dapat dimanfaatkan dengan baik maka dapat sangat membantu siswa untuk pembelajarannya.

      Hapus
  9. terima kasih infonya. memang internet sekarang ini sangat berguna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas komentar anda. semoga dapat diserap dan dipahami dengan baik.

      Hapus
  10. terima kasih untuk infonya. semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih utnuk komentarnya. saya harap info ini dapat berguna bagi pembelajaran siswa.

      Hapus
  11. Balasan
    1. terima kasih komentarnya. semoga info ini dapat lebih berguna untuk anda dalam pembelajarn pada pokok pembahasan materi ini.

      Hapus
  12. good job !
    terima kasih infonya. semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih komentarnya. semoga info ini dapat lebih berguna untuk anda dalam pembelajaran anda.

      Hapus
  13. terima kasih infonya. semoga dapat bermanfaat ! lanjutkan !

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih komentarnya. semoga info ini dapat lebih bermanfaat untuk anda dalam memahami materi ini.

      Hapus
  14. terima kasih infonya. info ini sangat bermanfaat untuk pembelajarn biologi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih komentarnya. semoga info ini dapat lebih bermanfaat untuk anda.

      Hapus
  15. Balasan
    1. terima kasih untuk komentarnya. semoga info ini dapat bermanfaat untuk anda.

      Hapus
  16. terima kasih untuk komentarnya. semoga dpat bermanfaat untuk anda.

    BalasHapus

silakan berkomentar..


counter