Menu

Total Tayangan Halaman

Kamis, 26 September 2013

Sejarah Perkembangan Teori dan Struktur Atom

Sejarah Perkembangan Teori dan Struktur Atom



   Dari zaman yunani kuno hingga sekarang, model dan teori atom terus berkembang. Melalui model dan teori atom, kita dapat mengetahui struktur suatu atom. Perkembangan tersebut tidak dapat dilepaskan dari upaya para ilmuwan diantaranya Democritus, John Dalton, J.J. Thomson, Rutherford, Niels Bohr, Schrodinger, de Broglie dan lain sebagainya.


1. Leukippos dan Demokritus (460 – 380 SM)
    Leukippos merupakan orang pertama yang mencetuskan tentang keberadaan atom. Beliau bersama dengan Demokritus muridnya mengemukakan bahwa materi terbentuk dari partikel yang sudah tidak terbagi lagi. Yang kemudian mereka namai dengan sebutan atom (Yunani: atomos = tak terbagi). Namun, Pendapat ini ditolak oleh Aristoteles, Dia berpendapat bahwa materi bersifat kuntinu (materi dapat dibelah terus-menerus sampai tidak berhingga). Oleh karena Aristosteles termasuk orang yang sangat berpengaruh pada masa itu, gagasan tentang atom memudar dan tidak mengalami perkembangan selama berabad-abad lamanya.
2. Gassendi (1592-1655 M)

    Pemikiran tentang keberadaan atom muncul kembali. Sekitar tahun 1592 – 1655 Gasendi mengemukakan bahwa atom merupakan bagian terkecil suatu zat. Isaac Newton (1642 – 1727), seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh pada masa itu, mengemukakan dukungannya tentang keberadaan atom.
3. Teori atom Dalton (1808 M)
    Berdasarkan berbagai penemuan pada masa itu, John Dalton merumuskan teori atom yang pertama sekitar tahun 1803-1807, yang kita kenal sebagai teori atom Dalton. Berikut adalah postulat-postulat dalam teori atom Dalton.
a. Setiap unsur terdiri atas partikel yang sudah tak terbagi yang dinamai atom.
b. Atom-atom dari suatu unsur adalah identik. Atom-atom dari unsur yang berbeda mempunyai sifat-sifat yang berbeda, teimasuk mempunyai massa yang berbeda.
c. Atom dari suatu unsur tidak dapat diubah menjadi atom unsur lain, tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan. Reaksi kimia hanya merupakan penataan ulang atom- atom.
d. Senyawa terbentuk ketika atom-atom dari dua jenis unsur atau lebih bergabung dengan perbandingan tertentu.
Namun pada perkembangannya, terdapat kelemahan dari teori atom Dalton ini, di antaranya :
a. Tidak dapat menjelaskan sifat listrik materi.
b. Tidak dapat menjelaskan cara atom-atom saling berikatan.
c. Tidak dapat menjelaskan perbedaan antara atom unsur yang satu dengan unsur yang lain.
   Meskipun demikian, Teori atom Dalton diterima karena dapat menjelaskan dengan baik beberapa fakta eksperimen pada masa itu, di antaranya Hukum Kekekalan Massa dan Hukum Perbandingan Tetap dengan baik.
4. Hipotesa Prout (1785-1855)
    Hipotesis Prout adalah upaya yang dilakukan di awal abad kesembilan belas untuk menjelaskan keberadaan beberapa unsur kimia melalui hipotesis tentang struktur internal dari atom . Pada 1815 dan 1816 , kimiawan Inggris William Prout menerbitkan dua artikel di mana ia mencatat bahwa berat atom yang telah ditetapkan untuk unsur yang dikenal pada saat itu tampaknya menjadi beberapa dari semua berat atom hidrogen . Akibatnya, hipotesis bahwa atom hidrogen adalah satu-satunya benar-benar mendasar, dan bahwa atom elemen lain sebenarnya kelompok dari beberapa atom hidrogen.
5. Model Atom Thomson
    Pada Tahun 1900, J. J Thomson menemukan Elektron. Penemuan elektron berkaitan dengan percobaan-percobaan tentang hantaran listrik melalui tabung hampa. Melalui percobaan dapat ditunjukkan bahwa perpendaran itu disebabkan oleh suatu radiasi yang memancar dari permukaan katode menuju anode.Oleh karena berasal dari katode, maka radiasi ini disebut sinar katode. Percobaan lebih lanjut menunujukan bahwa sinar katode merupakan radiasi partikel yang bermuatan listrik negatif. Selanjutnya, Thomson menamakanya elektron. Berdasarkan hal itu, Thomson menyimpulkan bahwa elektron merupakan partikel dasar penyusun atom.
    Setelah penemuan elektron pada tahun 1900, J. J Thomson mengajukan model atom yang menyerupai roti kismis. Menurut Thomson, atom terdiri dari materi bermuatan positif dan di dalamnya tersebar elektron bagaikan kismis dalam roti kismis.
6. Model Atom Rutherford
    Pada tahun 1910, Ernest Rutherford bersama dua orang asistennya, yaitu Hans Geiger dan Ernest Marsden, melakukan serangkaian percobaan untuk mengetahui lebih banyak tentang susunan atom. Mereka menembaki lempeng emas yang sangat tipis dengan partikel sinar alfa berenergi tinggi.
Mereka menemukan bahwa sebagian besar partikel alfa dapat menembus lempeng emas tanpa pembelokkan berarti, seolah-olah lempeng emas itu tidak ada. Akan tetapi, kemudian mereka menemukan bahwa sebagian kecil dari partikel alfa mengalami pembelokan yang cukup besar, bahkan di antaranya dipantulkan.
Adanya partikel alfa yang terpantul mengejutkan Rutherford. Partikel alfa yang terpantul itu pastilah telah menabrak sesuatu yang sangat padat dalam atom. Fakta ini tidak sesuai dengan model yang dikemukakan oleh J. J Thomson, dimana atom digambarkan bersifat homogen pada seluruh bagiannya.
Pada tahun 1911, Rutherford menjelaskan penghamburan sinar alfa dengan mengajukan gagasan tentang inti atom. Menurut Rutherford, sebagian besar dari massa dan muatan positif atom terkonsentrasi pada bagian pusat atom yang selanjutnya disebut inti atom. Elektron beredar mengitari inti pada jarak yang relatif sangat jauh. Lintasan elektron itu disebut kulit atom.
    Namun, terdapat kelemahan pada teori atom Rutherford yakni tidak dapat menjelaskan elektron itu tidak jatuh ke intinya. Menurut teori fisika klasik, gerakan elektron mengitari inti akan disertai pemancaran energi berupa radiasi elektromagnet. Dengan demikian, energi elektron semakin berkurang dan gerakannya melambat sehingga membentuk lintasan spiral dan akhirnya jatuh ke inti atom.
7. Model atom bohr (1913), Spektrum hidrogen
    Pada tahun 1913, berdasarkan analisis spektrum atom dan teori kuantum yang dikemukakan oleh Max Planck, Niels Bohr mengajukan model atom hidrogen. Model atom hidrogen menurut Bohr menyerupai sistem tata surya. Elektron dalam atom hanya dapat berada pada tingkat energi tertentu. Artinya, elektron hanya dapat beredar pada lintasan tertentu saja. Elektron dapat berpindah dari satu kulit ke kulit lain disertai pemancaran atau penyerapan sejumlah tertentu energi.
8. Model Atom Mekanika Kuantum (1926), Hipotesa de Broglie
    Teori atom Bohr hanya sesuai untuk atom hidrogen. Selain itu, pada perkembangan selanjutnya diketahui bahwa gerakan elektron menyerupai gelombang. Oleh karena itu, posisi elektron tidak mungkin dapat dipastikan. Dengan kata lain, orbit elektron yang berbentuk lingkaran dengan jari-jari tertentu seperti yang dikemukakan Niels Bohr tidak dapat diterima.
   Pada tahun 1926, dengan menggunakan pemikiran Louis de Broglie bahwa partikel berperilaku seperti gelombang, Erwin Schrödinger mengembangkan suatu model atom matematis yang menggambarkan elektron sebagai gelombang tiga dimensi daripada sebagai titik-titik partikel. Menurut teori atom mekanika kuantum, meski elektron mempunyai tingkat energi tertentu, posisinya tidak dapat dipastikan. Yang dikatakan tentang posisi elektron adalah peluang untuk menemukannya. Daerah dengan peluang terbesar untuk menemukan elektron tersebut disebut orbital. Orbital biasanya digambarkan berupa awan dengan ketebalan yang bervariasi. Awan yang lebih tebal menyatakan peluang yang lebih besar untuk menemukan elektron dan sebaliknya. Teori atom mekanika kuantum dapat menjelaskan struktur atom yang lebih kompleks (atom multielektron).

32 komentar:

  1. terima kasih untuk infonya. infonya sangat menarik, semoga dapat bermanfaat dan dapat mempermudah kita untuk lebih memahami tentang berbagai macam teori tentang atom dan struktur atom. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk komentar dan masukannya, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda. :)

      Hapus
  2. terima kasih untuk informasinya. ini sangat bermanfaat untuk pendidikan kita, agar kita lebih bisa memahami materi tentang teori-teori atom dan struktur atom.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk komentar anda. semoga informasi ini dapat membantu kita dalam memahami materi kimia.

      Hapus
  3. terima kasih untuk informasi anda. ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran kita, semoga kita dapat lebih mengerti dan memahami tentang materi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk komentar anda. saya berharap semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu siswa untuk mengembangkan dan mempelajari tentang teori atom dan struktur atom.

      Hapus
  4. adit pinter kimia???
    itu membantu sangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk masukannya. semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

      Hapus
  5. terimakasih untuk informasi yang anda berikan. informasi ini sangatlah bermanfaat untuk mempermudah kita dalam mempelajari teori dan struktur atom

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk komentarnya. semoga info ini dapat bermanfaat bagi anda untuk mempelajari dan memahami materi ini. :) salam sukses !

      Hapus
  6. terima kasih untuk infonya. thanks !
    good job ! lanjutkan !

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk masukannya. semoga ini dapat bermanfaat untuk anda.

      Hapus
  7. info ini sangat membantu saya untuk mempelajari materi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk komentar anda. semoga dapat bermanfaat.

      Hapus
  8. terima kasih untuk infonya. semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih utnuk komentarnya. saya harap info ini dapat berguna bagi pembelajaran siswa.

      Hapus
  9. terima kasih infonya. ini sangat menarik. semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih komentarnya. semoga info ini dapat lebih berguna untuk anda dalam pembelajarn pada pokok pembahasan materi ini.

      Hapus
  10. info yang menarik. semoga bermanfaat untuk pembelajarn kimia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih komentarnya. semoga info ini dapat lebih berguna.

      Hapus
  11. terima kasih untuk infonya. semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih komentarnya. semoga info ini dapat lebih berguna dan bermanfaat untuk anda.

      Hapus
  12. Balasan
    1. terima kasih komentarnya. semoga dapat bermanfaat.

      Hapus
  13. Infonya sngt brmanfaat, komen balik semua postingan saya yaa http://amimaretarizki21.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk komentar anda. semoga dapat bermanfaat untuk pembelajaran anda.
      ok..! segera saya berikan komentar juga.

      Hapus
  14. terima kasih untuk infonya. semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  15. baguss n bermanfaat....good job..
    coment back ea dwigihar.blogspot.com

    BalasHapus
  16. postingan yang bagus
    kunjngi blog sya y http://iwansantosoxiipa2.blogspot.com/2013/10/bulan-bahasa-sma-n-1-belitang.html#comment-form

    BalasHapus
  17. siip post,,
    comment balik y tutikkharismayanti.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Nice post, komen balik http://alnifitria.blogspot.com/

    BalasHapus
  19. good,, comback.a lelykurniasih26.blogspot.com

    BalasHapus

silakan berkomentar..


counter